PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 20 PEKANBARU

Herru Suyanto, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan Inkuiri dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Inkuiri dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP yang ada di Pekanbaru dan sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru kelas VIII.1 yang berjumlah 40 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII.2 yang berjumlah 40 orang (sebagai kelas kontrol). Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Pemahaman Konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Inkuiri sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Inkuiri dan dua pertemuan lagi dilaksanakan pretest dan postest. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji tes-t sebesar 3,27 yang lebih besar dari ttable baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 1,99 dan 2,64. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Inkuiri memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru. Sehingga ada perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Inkuiri lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 17:29
Last Modified: 04 May 2016 17:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item View Item