Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 23 PEKANBARU

Fadilla Annisa, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (85MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (85MB)

Abstract

ABSTRAK Fadilla Annisa, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya kemampuan penalaran matematis dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar menggunakan model problem based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, ada tidaknya pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru, dengan sampel kelas VIII.H sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.G sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data beserta instrument penelitian adalah tes berupa soal posttest kemampuan penalaran matematis, tes soal kemampuan awal matematika siswa, observasi berupa lembar observasi, dan dokumentasi berupa foto dan profil sekolah. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar menggunakan model problem based learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung; 2) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Faktorial Eksperimental Design, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:58
Last Modified: 16 Feb 2021 04:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44195

Actions (login required)

View Item View Item