Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAPKEMAMPUANBERPIKIRKRITISMATEMATISSISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG

Walia Dinanti, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAPKEMAMPUANBERPIKIRKRITISMATEMATISSISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WALIA DINANTI.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Walia Dinanti, (2021): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari pengetahuan awal siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tapung tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua arah (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung = dan Ftabel = 4,03. Pada taraf signifikan 5%, maka nilai Fhitung Ftabel; (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung = dan Ftabel = 3,18. Pada taraf signifikan 5%, maka nilai Fhitung Ftabel (3) Tidak adanya interaksi yang di berikan pengetahuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa terlihat dari Fhitung Ftabel yang mana nilai Fhitung = dan Ftabel = 3,18. Dengan demikian secara umum model pembelajaran reciprocal teaching berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP Negeri 10 Tapung yang ditinjau berdasarkan pengetahuan awal matematis. Kata kunci : Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pengetahuan Awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:20
Last Modified: 16 Feb 2021 05:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44193

Actions (login required)

View Item View Item