Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 TAMBANG

Yola Gusti Anthoni, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOLA GUSTI ANTHONI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yola Gusti Anthoni, (2021): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa SMANegeri 2 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berdasarkan motivasi belajar matematis tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian factorial experimental design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Tambang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 5 sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ujia anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam target penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket motivasi belajar matematis, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CTL dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CTL dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Motivasi Belajar Matematis, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:50
Last Modified: 16 Feb 2021 04:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44167

Actions (login required)

View Item View Item