Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 BATANG TUAKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Viona Aida Sholeha, - (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 BATANG TUAKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIONA AIDA SHOLEHA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Viona Aida Sholeha, (2020): Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMPN 2 Batang Tuaka Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras ditinjau dari tingkat kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan desain studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas IX SMPN 2 Batang Tuaka, kemudian direduksi menjadi 5 siswa yang ditentukan dengan purposive sampling technique. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi data, dengan menggunakan instrumen tes kemampuan koneksi matematis, tes kesulitan belajar matematika, dan pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masingmasing subjek penelitian mengalami kesulitan yang berbeda-beda pada setiap tingkat kemampuan koneksi matematis; (1) Subjek dengan tingkat kemampuan koneksi matematis ―Sangat Tinggi‖ tidak mengalami gangguan pada seluruh indikator kesulitan belajar matematika; (2) Subjek dengan tingkat kemampuan koneksi matematis ―Tinggi‖ mengalami asosiasi atau gabungan visual-motor; (3) Subjek dengan tingkat kemampuan koneksi matematis ―Sedang‖ mengalami asosiasi atau gabungan visual-motor dan mengalami kesulitan dalam mengenali dan memahami simbol; (4) Subjek dengan tingkat kemampuan koneksi matematis ―Rendah‖ mengalami sedikit gangguan hubungan keruangan, mengalami asosiasi atau gabungan visual-motor, dan sedikit kesulitan dalam mengenali dan memahami simbol; (5) Subjek dengan tingkat kemampuan koneksi matematis ―Sangat Rendah‖ mengalami gangguan hubungan keruangan, asosiasi atau gabungan visual-motor, dan kesulitan dalam mengenali dan memahami simbol. Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Kemampuan Koneksi Matematis, Teorema Pythagoras

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:09
Last Modified: 16 Feb 2021 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44165

Actions (login required)

View Item View Item