MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPRAKTEKKAN SHALAT FARDHU MELAUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 008 KAMPUNG MELAYU KECAMATAN SUKAJADI

Siti Hadijah, (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPRAKTEKKAN SHALAT FARDHU MELAUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 008 KAMPUNG MELAYU KECAMATAN SUKAJADI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011160.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach). Berdasarkan hasil pengamatan di kelas III SD Negeri 008 Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti : a) Daya serap siswa terhadap materi pengertian sholat fardhu masih kurang baik secara individu maupun kelompok, b) Siswa belum mampu melafalkan bacaan shalat fardhu dengan baik dan benar dan c) siswa belum terampil memp[raktekkan sholat fardhu dengan baik dan benar. . Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menggunakan media pembelajaran picture and picture di kelas III SD Negeri 008 Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. data yang di uraikan adalah kemampuan melaksanakan shalat dengan tertib sebelum tindakan, pada siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2)Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melaksanakan sholat dengan tertib sebelum tindakan hanya mencapai persentase 51,07% dengan kategori “Cukup Tinggi” karena berada pada rentang 40- 55%. Pada siklus I meningkat dengan persentase 60,00% dengan kategori “Tinggi” karena berada pada rentang 56 % - 75%. Sedangkan pada Siklus II kemampuan siswa dalam melaksanakan sholat dengan tertib meningkatkan dengan cukup memuaskan dengan persentase 87,44 % dengan kategori “Sangat Tinggi” karena berada pada rentang 76 % - 100 %. Dari hasil tersebut, hipotesis penelitian yang berbunyi melalui penggunaan media pembelajaran picture and picture yang tepat, dapat meningkatan kemampuan siswa dalam melaksanakan shalat dengan tertib kelas III SD Negeri 008 Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dapat “diterima”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:52
Last Modified: 21 Dec 2015 05:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item