PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMGEMBANGAN DIRI DI MTS TAUFIQ WAL- HIDAYAH RUMBAI PEKANBARU

Yusnimar, (2011) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMGEMBANGAN DIRI DI MTS TAUFIQ WAL- HIDAYAH RUMBAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011239.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program pengembangan diri di MTs Taufiq Wal Hidayah Rumbai - Pekanbaru dan apa saja faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah di MTs. Taufiq Wal-Hidayah Rumbai - Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan persentase. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTs. Taufiq Wal-Hidayah Rumbai - Pekanbaru . Adapun yang menjadi objeknya adalah peran kepala sekolah dalam pelakasnaan program pengembangan diri di MTs. Taufiq Wal-Hidayah Rumbai - Pekanbaru . Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang Kepala Sekolah, seluruh guru yang ber umlah 13 orang, 1 orang pegawai tata usaha, dan pengurus osis 15 orang. Untuk memperoleh jawaban penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data melalui angket, teknik ini penulis gunakan untk mendapatkan data tentang peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program pengembangan diri di MTs. Taufiq WalHidayah Rumbai - Pekanbaru , angket disusun berdasarkan konsep operasional, wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang faktor yang mendukung dan menghambat peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program pengembangan diri, dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data sejarah sekolah dan dokumen yang berkenaan dengan pengembangan diri, dan observasi penulis lakukan sewaktu mengadakan studi pendahuluan. Berdasarkan angket yang telab disebarkan dan dianalisis ternyata hasilnya "kurang baik" yaitu 59,92%. Adapun yang menjadi faktor penghambat: a. Pengetahuan dan pengalaman Kepala Sekolah kurang memadai tentang peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan program pengembangan. b. Tidak adanya pengawasan yang dilakukan oleh pihak atasan dalam hal ini Departemen Agama Kota Pekanbaru. c. Kerjasama yang kurang baik dari guru-guru d. Kepala Sekolah termasuk orang yang sibuk e. Sarana dan fasilitas yang belum memadai. Adapun faktor pendukungnya sebagai berikut: a. Latar belakang pendidikan kepala sekolah S I Fakultas Tarbiyah IAIN Susqa b. Adanya dorongan dari pihak atasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:54
Last Modified: 06 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item