PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DIKOMBINASIKAN DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 23 PEKANBARU

Erizal Eko Zain, (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL DIKOMBINASIKAN DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif teknik Berkirim Salam dan Soal dikombinasikan dengan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional di SMPN 23 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dikombinasikan dengan teknik two stay two stray (TSTS) dan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 23 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 1001 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dikombinasikan dengan teknik two stay two stray (TSTS) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pre test, lima kali pertemuan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dikombinasikan dengan teknik two stay two stray (TSTS) dan satu kali mengadakan pos tes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif teknik berkirim salam dan soal dikombinasikan dengan teknik two stay two stray (TSTS) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Artinya dari adanya perbedaan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif teknik Berkirim Salam dan Soal dikombinasikan dengan teknik Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 23 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 10:14
Last Modified: 04 May 2016 10:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item