Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web ( Studi Kasus : Koperasi Pegawai Negeri IGTKI PGRI Pekanbaru )

Mulya Rakhmansyah, (2011) Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web ( Studi Kasus : Koperasi Pegawai Negeri IGTKI PGRI Pekanbaru ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011186.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam proses simpanan dan pinjaman koperasi IGTKI PGRI Pekanbaru, masih menggunakan buku besar yang di gunakan untuk mencatat setiap transaksi simpanan maupun peminjaman, sehingga hal ini sering terjadinya kesalahan pencatatan saldo atau jumlah uang setiap anggota dan data yang di simpan dalam buku besar juga tidak aman. Apabila terjadi kerusakan atau kehilangan data pada buku besar, admin atau bendahara merasa kesulitan untuk mendapatkan kembali data – data anggota koperasi beserta laporan keuangan yang masuk dan keluar. Dalam hal ini, anggota koperasi tidak bisa di pastikan, apakah anggota masih menyimpan atau tidak, bukti pembayaran simpanan maupun pinjaman mereka. Dalam hal pembayaran cicilan kredit pinjaman maupun simpanan, anggota harus datang ke kantor koperasi untuk membayar simpanan atau kredit pinjamannya. Pada tugas akhir ini di buat sebuah analisa dan perancangan sistem informasi simpan pinjam berbasis web yang mana analisanya menggunakan analisa Performance Information Economic Control Efficiency and Service (PIECES) yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara analisis sistem dengan pemakai sistem selama proses pengembangan sistem. Aliran data dirancang dengan ERD, Flowchart, Struktur menu dan perancangan antar muka. Ada tiga proses pengguna yang diintegrasikan dalam sistem ini yaitu: bendahara, ketua dan anggota. Sistem informasi simpan pinjam berbasis web ini di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya MySQL, yang mana penggunaanya diharapkan dapat meningkatkan kinerja KPN IGTKI PGRI Pekanbaru, karena dengan adanya perancangan sistem informasi ini, pencatatan transaksi simpan pinjam menjadi lebih cepat dan akurat serta pembuatan laporan menjadi lebih mudah dan juga dapat meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasi, karena anggota dapat melihat data simpanan, pinjaman dan cicilannya tanpa harus datang ke kantor KPN IGTKI PGRI. Kata kunci : Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web, PIECES

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jan 2016 07:57
Last Modified: 06 Jan 2016 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item