PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU

Novika Putri Listia Nanda, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Siak Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Strategi Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan menguji ada atau tidaknya perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan Strategi NHT dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 298 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu VII-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. subjek dari penelitian ini adalah model pembelajaran CIRC dengan Strategi NHT, sedangkan objek adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai thitung adalah 5,38 dan nilai ttabel adalah 2,01. Oleh karena itu thitung > ttabel karena 5,38 > 2,01 , sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Sehingga, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajarn kooperatif tipe CIRC dengan strategi NHT dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen yang lebih tinggi dari mean kelas control. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan Strategi NHT memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Siak Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 04 May 2016 07:46
Last Modified: 04 May 2016 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item