MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BELAJAR BERAWAL DARI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN IMAN KEPADA HARI AKHIR PADA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Deniyet, (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI BELAJAR BERAWAL DARI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN IMAN KEPADA HARI AKHIR PADA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 003 PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011159.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran Iman kepada Hari Akhir, seorang guru perlu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga peserta didik dapat memahami dan meyakini adanya hari akhir. Sumadi Suryabrata menyatakan: bahwa motif adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai sesuatu tujuan. Di SDN 003 Peranap kabupaten Indragiri Hulu, guru telah berupaya untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Iman kepada Hari Akhir melalui metode ceramah dan tanya jawab pada Kelas VI SDN 003 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu, seperti guru telah membuat perencanaan pembelajaran, guru dalam pembelajaran telah memotivasi siswa, guru telah memberikan kesempatan bertanya kepada siswa, Namun motivasi siswa dalam pembelajaran masih kurang, keadaan ini dapat dilihat pada gejala-gejala seperti siswa sering meribut saat proses pembelajaran berlangsung, siswa sering mengobrol dengan teman-temannya sewaktu proses pembelajaran berlangsung, siswa melihat kiri dan ke kanan sewaktu proses pembelajaran berlangsung, siswa mengganggu teman lain dalam belajar Berdasarkan analisa penulis sementara, bahwa gejala-gejala tersebut di atas, terjadi karena kurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran, sehingga kurang menarik perhatian dan motivasi siswa. Strategi Belajar Berawal dari Pertanyaan adalah salah satu cara menciptakan pembelajaran dengan menstimulir atau mendorong siswa untuk menyelidiki atau mempelajari sendiri materi pelajarannya tanpa penjelasan terlebih dahulu dari guru. Berdasarkan strategi tersebut, penulis ingin menelitinya dengan judul: ”Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Iman kepada Hari Akhir Melalui Strategi Belajar Berawal dari Pertanyaan Pada Kelas VI SDN 003 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.” Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan ,implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Strategi belajar berawal dari pertanyaan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Iman kepada Hari Akhir pada Kelas VI SDN 003 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Motivasi siswa dalam pembelajaran iman kepada hari akhir setelah tindakan kelas dilakukan dengan menggunakan strategi belajar berawal dari pertanyaan di kelas V SDN 003 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu sampai siklus ke empat, adalah 83(%, yang berarti baik..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:49
Last Modified: 21 Dec 2015 05:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item