Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA PERBANDINGAN MEDIA TANAM TANAH GAMBUT DAN SOLID DECANTER DI PRE NURSERY

AGUS ZULFADLI, - (2021) PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA PERBANDINGAN MEDIA TANAM TANAH GAMBUT DAN SOLID DECANTER DI PRE NURSERY. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIMRIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kelapa sawit merupakan komoditi perkebunan yang saat ini memiliki nilai ekonomi yang penting dalam sektor perkebunan. Upaya untuk menyediakan bibit kelapa sawit yang berkualitas yaitu dimulai dari penggunaan bahan media tanam yang baik. seperti pemanfaatan limbah solid decanter dan tanah gambut yang cukup baik sebagai bahan media tanam. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perbandingan media tanam tanah gambut dan solid decanter terbaik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dari bulan Februari sampai Mei 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perbandingan media tanam yang terdiri dari 9 perbandingan, M1 = 100% tanah gambut; M2 = 100% solid decanter; M3 = 80% tanah gambut + 20% solid decanter; M4 = 70% tanah gambut + 30% solid decanter; M5 = 60% tanah gambut + 40% solid decanter; M6 = 50% tanah gambut + 50% solid decanter; M7 = 40% tanah gambut + 60% solid decanter; M8 = 30% tanah gambut + 70% solid decanter; M9 = 20% tanah gambut + 80% solid decanter. setiap perbandingan diulang sebanyak 4 kali. Parameter yang diamati yaitu panjang plumula, tinggi bibit, diameter batang, panjang daun, lebar daun dan jumlah daun. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perlakuan perbandingan media tanam tanah gambut dan solid decanter tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter pengamatan pembibitan kelapa sawit di pre nursery. Pertumbuhan tinggi bibit dan jumlah daun bibit kelapa sawit sudah memenuhi kriteria standar pertumbuhan bibit kelapa sawit pada umur 3 bulan. Kata kunci: Kelapa Sawit, Media Tanam, Solid Decanter, Tanah Gambut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Feb 2021 14:48
Last Modified: 15 Feb 2021 14:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42814

Actions (login required)

View Item View Item