Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PT. RIAU POS BERDASARKAN NIELSEN MODEL DAN METODE HEURISTIC EVALUATION

Nurul Adita Putri, - (2021) EVALUASI USABILITY PADA WEBSITE PT. RIAU POS BERDASARKAN NIELSEN MODEL DAN METODE HEURISTIC EVALUATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
LAPORAN FULL TANPA BAB 4.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
LAPORAN BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

PT. Riau Pos merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang media dan komunikasi yang memanfaatkan website sebagai media penyebaran informasi untuk masyarakat Indonesia terkhusus wilayah Riau dan Sumatera. Berita yang disajikan bersifat umum, seperti seputar Riau terkini, hukum, politik, ekonomi, olahraga, kesehantan, dan berita internasional. Selain menyajikan informasi yang lengkap, tingkat kenyamanan dan kemudahan dalam menggunakan website sangat penting. Hal ini dipastikan pengguna tidak kesulitan dalam menggunakannya yang dapat mempengaruhi keinginan pengguna dalam mengunjungi dan menjelajahi website Riau Pos. Tujuan penelitan ini yaitu melakuan evaluasi usability website Riau Pos serta memberikan rekomendasi solusi untuk peningkatan website pada PT. Riau Pos. Evaluasi dilakukan berdasarkan 5 variabel pada Nielsen Model dan 8 Prinsip dari metode Heuristic Evaluation. Penentuan responden pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan rumus lemeshow dengan jumlah 100 responden untuk mengisi kuisioner dalam menilai tingkat usability. Adapun pakar yang dilibatkan pada penelitian ini berjumlah 4 orang untuk memvalidasi website berdasarkan prinsip prinsip metode Heuristic. Hasil dalam penelitian ini terdapat 4 faktor usability Nielsen Model yang berpengaruh positif terhadap peningkatan usability yaitu efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Sedangkan hasil evaluasi validasi pakar masih terdapat kekurangan terkait kepuasan pengguna dari segi navigasi, informasi yang diberikan, serta tampilan yang disajikan, sehingga masih dibutuhkannya perbaikan dan peningkatan dalam faktor Satisfaction. Kata Kunci: Evaluasi, Heuristic Evaluation, Nielsen Model, Usability, Website Riau Pos

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:19
Last Modified: 15 Feb 2021 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42811

Actions (login required)

View Item View Item