Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANALITYCAL HIERARCHY PROCES (AHP) BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL PADA RUMAH POTONG HEWAN (RPH) DI RIAU BERDASARKAN ASESMEN HALAL GOOD MANUFACTURING PRACTICES (HGMP)

MARZUKI, - (2021) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANALITYCAL HIERARCHY PROCES (AHP) BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL PADA RUMAH POTONG HEWAN (RPH) DI RIAU BERDASARKAN ASESMEN HALAL GOOD MANUFACTURING PRACTICES (HGMP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img]
Preview
Text
Tugas Akhir MARZUKI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANALITYCAL HIERARCHY PROCES (AHP) BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL PADA RUMAH POTONG HEWAN (RPH) DI RIAU BERDASARKAN ASESMEN HALAL GOOD MANUFACTURING PRACTICES (HGMP) MARZUKI NIM : 11652103496 Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada beberapa Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Provinsi Riau, yakni RPH Kota Pekanbaru, RPH Kabupaten Kampar, RPH Kabupaten Indragiri Hulu dan RPH Kabupaten Dumai. Permasalahan pada penelitian ini adalah Rumah Potong Hewan (RPH) di Provinsi Riau perlu di evaluasi atau audit untuk menjamin produk daging sapi layak dikosumsi oleh masyarakat dan sesuai dengan syariat islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi ahp berbasis web yang digunakan untuk membantu RPH dalam mengambil keputusan yang tepat berdasarkan data yang ada pada RPH tersebut dengan tujuan untuk mengidentifikasi, melakukan penilaian dan memberikan alternative peningkatan % tingkat kesesuaian penerapan Halal Good Manufacturing Practices (GHMP) di rumah potong hewan (RPH) di Provinsi Riau. Aspek penilaian HGMP dilakukan berdasarkan Peraturan Mentri Perindustrian Republik Indonesia No.75/M-IND/PER/7/2010. Pengumpulan data menggunakan teknik purposive sample dimana responden ialah karyawan yang mengerti dan menangani langsung proses pemotongan pada rumah potong hewan. Penelitian ini menggunakan metode Analytic Hirarki Process (AHP) untuk mendapatkan nilai kinerja dari setiap rumah potong hewan LPPOM MUI setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan sistem informasi dengan menggunakan metode waterfall sebagai metode untuk pengembangan perangkat lunak berurutan (air terjun). Usulan untuk alternatif peningkatan penerapan halal Good Manufacturing Practices (GHMP) dilihat dari RPH Bangkinang, Rengat dan Dumai masih dibawah RPH Pekanbaru. Untuk peningkatan perlu adanya upaya perbaikan baik dari proses pemotongan hewan, fasilitas dan lainnya. Agar kualitas dapat sama dengan RPH Pekanbaru. Aplikasi sistem informasi AHP berbasis web ini memberikan kemudahan bagi user dalam mendapatkan saran mengenai faktor-faktor yang diperlukan dalam peningatan Rumah Potong Hewan yang ada di Provinsi Riau sehingga menghasilkan upaya perbaikan yang tepat. Kata Kunci : Sertifikikasi Halal, GMP, AHP, Sistem Informasi, Waterfall, Hasil akhir dan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:43
Last Modified: 15 Feb 2021 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42801

Actions (login required)

View Item View Item