Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI DARAH DI UTD PMI KOTA PEKANBARU

FUSPITA FITRI INDRIYANI, - (2021) VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI DARAH DI UTD PMI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img]
Preview
Text
Tugas Akhir FUSPITA FITRI INDRIYANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI DARAH DI UTD PMI KOTA PEKANBARU FUSPITA FITRI INDRIYANI NIM : 11652203634 Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di sebuah bidang pelayanan jasa untuk masyarakat diantaranya adalah Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia di Kota Pekanbaru. UTD PMI Kota Pekanbaru melayani Dan memfasilitasi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan donor darah, penyediaan darah serta pendistribusian darah. Permasalahan yang dihadapi pada UTD PMI Kota Pekanbaru adalah pendistribusian yang dilakukan tidak dengan cepat dan tepat serta tidak mempertimbangkan jarak tempuh untuk menyesuaikan waktu kelangsungan sel darah dan juaga pembentukan rute distribusi darah yang tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penentuam rute distribusi darah yang optimal di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia menggunakan Algoritma Sweep dan meminimalisir jarak tempuh distribusi darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia. Penelitian ini menggunakan Metode Algoritma sweep untuk meminimalisirkan jarak tempuh pendistribusian darah dan Vehicle Routing Problem (VRP) untuk menentukan rute distribusi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi langsung di UTD PMI. Penelitian ini menghasilkan jarak tempuh distribusi darah yang optimal yaitu 37,58 km dengan waktu tempuh 45,09 menit. Jarak tempuh distribusi darah awal adalah 92,46 km dengan waktu tempuh 110,97 menit. Untuk penelitian selanjutnya pendsitribusian darah yang dibuat harus menggunakan manajemen distribusi yang baik untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Kata Kunci : Algoritma Sweep, Distribusi Darah ,Vehicle Routing Problem (VRP)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:18
Last Modified: 15 Feb 2021 06:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42800

Actions (login required)

View Item View Item