Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Membangun Ekonomi Masyarakat di desa Rimpian Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu

Icha Ifrotul Aini, Icha (2021) Strategi Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Membangun Ekonomi Masyarakat di desa Rimpian Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi thesis, Univesitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan satu faktor yang menjadi sebab manusia kesulitan dalam memenuhi kebutuhan. Dalam memenuhi kebutuhan diperlukan modal yang dapat membangun ekonomi menjadi lebih baik. BUMDes membuat program simpan pinjam dengan harapan dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dengan meminjamkan modal usaha. Agar program simpan pinjam yang ditujukan kepada masyarakat tersampaikan dengan baik diperlukan strategi komunikasi. Strategi komunikasi merupakan tentang apa, dan bagaimana semua aktivitas yang dilakukan mampu efektif dalam mewujudkan ide, pemikiran dan cara-cara yang sebelumnya diketahui dan dipahami oleh para pelaku komunikasi. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian berjudul “Strategi Komunikasi BUMDes Dalam Membangun Ekonomi Masyarakat di Desa Rimpian Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu”. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan BUMDes dalam membangun ekonomi masyarakat desa Rimpian. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan didukung dengan dokumentasi. Landasan teori yang digunakan adalah teori lasswell yang menunjukkan dan menjelaskan bahwa cara terbaik untuk menerangkan kegiatan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan “Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pengelola BUMDes adalah menggunakan komunikasi tatap muka. Komunikasi tatap muka dilakukan mengingat banyak masyarakat yang tidak mengerti dalam penggunaan media sosial dan agar pendengar mudah mengerti dengan apa yang disampaikan komunikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, BUMDes, Membangun Ekonomi Masyarakat
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:00
Last Modified: 16 Feb 2021 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42795

Actions (login required)

View Item View Item