Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI

Bebyi Riza Sativa Hutasuhut, - (2021) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Bebyi Riza Sativa Hutasuhut, (2021): PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini berupaya untuk meningkatkan kemampuan berfikir anak, membentuk kemampuan dalam menyelesaikan masalah secara sistematis, menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan, menumbuhkan sikap ilmiah, melatih anak dalam mengemukakan ide-ide dan untuk menumbuhkan sikap, pengetahuan dan keterampilan sains anak. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research), data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan Deskription Analysis Content, dengan tahapan Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi data. Peneliti memiliki ketertarikan pada pendekatan yang terdapat di kurikulum 2013, yaitu pendekatan saintifik. Hasil penelitian dari Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini adalah melalui tahap observasi, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan hasil pikiran anak. Sikap, pengetahuan dan keterampilan memiliki kaitan yang sangat erat. Pengetahuan berfungsi untuk menyempurnakan atau memperbaiki serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah ditemukan sebelumnya. Jika tidak ada keterampilan maka pengetahuan kita tentang sesuatu benda tidak akan berkembang dan terbatas. Sains dikembangkan tiada lain adalah untuk memenuhi rasa ingin tahu anak usia dini. Rasa ingin tahu anak usia dini sangat tinggi, jika difasilitasi dengan tepat akan mendatangkan manfaat baik bagi dirinya maupun masyarakat di lingkungan sekitarnya. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Sains Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:03
Last Modified: 15 Feb 2021 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42582

Actions (login required)

View Item View Item