Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Desi Sriyatni, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESI SRIYATNI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Desi Sriyatni, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran reciprocal teaching di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Redaksi subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Hasil penelitian ini menunjukkan data hasil keterampilan berbicara siswa sebelum dilakukan tindakan hanya 39% atau berada pada kategori “Kurang Baik”. Setelah dilakukan tindakan keterampilan berbicara siswa pada siklus I meningkat yaitu 59,05% dengan kategori “Cukup Baik”. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat lagi menjadi 78,75% dengan kategori “Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 14:43
Last Modified: 15 Feb 2021 14:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42559

Actions (login required)

View Item View Item