Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PERCOBAAN MAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI

Suci Mulyani, - (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PERCOBAAN MAYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

INTI SARI Suci Mulyani (2021) : Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Percobaan Maya Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksi Kemampuan analitis dibutuhkan untuk menemukan penjelasan dari suatu fenomena dalam ilmu kimia diiringi dengan pembelajaran percobaan yang mendukung fakta kimia. Dibutuhkan solusi untuk membantu meningkatkan kemampuan analitis peserta didik melalui percobaan, dengan bantuan media pembelajaran percobaan maya sesuai dengan kondisi pandemi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan media percobaan maya terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Pekanbaru dengan menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian quasi-experiment (non equivalent control group design) dengan menggunakan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes uraia dengan pengolahan data menggunakan uji t dan uji N-gain. Untuk uji t diperoleh hasil signifikansi sebesar 0.002 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima, jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan analitis peserta didik yang menggunakan media percobaan maya dengan peserta didik yang tidak menggunakan media percobaan maya. Sedangkan untuk uji N-gain untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata selisih sebesar 0.5 dan terdapat peserta didik yang nilai rata-ratanya termasuk keadalam kategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata nilai N-gain sebesar 0.4 dan tidak ada yang masuk dalam kategori tinggi. Jadi kesimpulannya penggunaan media percobaan maya cukup efektif dalam pembelajaran terhadap kemampuan analitis peserta didik pada kelas eksperimen. Selain itu penggunaan media percobaan maya juga dapat dilakukan pada materi lain dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: Efektivitas, Percobaan Maya, Berpikir Analisis, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:38
Last Modified: 15 Feb 2021 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42549

Actions (login required)

View Item View Item