Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Startegi Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khoiru Ummah Pekanbaru.

Nova Dirniati, - (2021) Penerapan Startegi Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khoiru Ummah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG UPLOD fix.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nova Dirniati, (2021): Penerapan Startegi Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khoiru Ummah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada pada pembelajaran IPS kelas V MIS Khoiru Ummah Pekanbaru melalui penerapan strategi pembelajaran cooperative script. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan masalah siswa tepatnya pada pembelajaran IPS kelas V MIS Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 16 orang siswa kelas V MIS Khoiru Ummah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan strategi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran IPS di Kelas V MIS Khoiru Ummah Pekanbaru. Hasil ini diperoleh terlihat dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dari pra tindakan yang hanya mencapai 50,78% meningkat menjadi 74,22% pada siklus I, selanjutnya pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 87,89%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada tema udara bersih bagu kesehatan kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khoiru Ummah Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Cooperative Script, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:06
Last Modified: 18 Feb 2021 05:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42541

Actions (login required)

View Item View Item