Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN JAMINAN FIDUSIA PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG NANGKA KOTA PEKANBARU MENURUT HUKUM ISLAM

Irham Sultoni Hasibuan, - (2021) PELAKSANAAN JAMINAN FIDUSIA PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG NANGKA KOTA PEKANBARU MENURUT HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKIRPSI GABUNG UPLOD.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)

Abstract

ABSTRAK Irham Sultoni Hasibuan (2020): Pelaksanaan Jaminan Fidusia Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Nangka Kota Pekanbaru Menurut Hukum Islam. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh jaminan atau agunan digunakan untuk jasa pembiayaan. jaminan itu harus disimpan oleh bank atau disebut dengan rahn pada istilah Bank Syariah. apabila barang yang menjadi jaminan tersebut merupakan barang yang digunakan untuk usahanya, oleh karena itu untuk mempermudah masyarakat pengguna dana, maka bank syariah pada pembiayaannya menggunakan lembaga jaminan fidusia. Pengaturan penggunaan lembaga jaminan fidusia dalam pembiayaan pada bank syariah tidak diatur dalam ketentuan syariah. Hal ini menimbulkan permasalahan, karena penerapan lembaga jaminan fidusia berdasarkan hukum positif Indonesia sedangkan setiap kegiatan perbankan syariah harus berdasarkan ketentuan syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan prosedur pemberian jaminan fidusia pada Bank Syariah Mandiri Cabang Nangka Kota Pekanbaru dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan jaminan fidusia pada Bank Syariah Mandiri Cabang NangkaKota Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sebagai data primer adalah data yang diperoleh langsung dari pimpinan dan karyawan di Bank Syariah Mandiri Cabang Nangka dan data sekunder yaitu literatur yang berkaitan dengan pembahasan yang diteliti, beberapa buku ilmiah yang mendukung penelitian. Sedangkan metode yang diguanakn dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, yaitu setelah data terkumpul, data-data tersebut diklarifikasikan dalam kategori-kategori atas dasar persamaan jenis, kemudian data tersebut dihubungkan antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga akan diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Adapun populasi dalam penelitian ini pimpinan dan semua karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Nangka Kota Pekanbaru yang berjumlah 21 orang. Dengan menggunakan teknik total sampling (pengambilan keseluruhan sampel) Dari hasil penelitian yang dilakukan di temukan bahwa pelaksanaan prosedur pemberian jaminan fidusia di Bank Syariah Mandiri Cabang Nangka Kota Pekanbaru adalah: 1) permohonan pembiayaan 2) analisa pembiayaan 3) analisa jaminan pembiayaan dan 4) persetujuan dan realisasi pembiayaan. Sedangkan tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan jaminan fidusia pada Bank Syariah Mandiri Cabang NangkaKota Pekanbaru belum sepenuhnya sesuai dengan aturan hukum Islam, karena penggunaan akta jaminan fidusia dalam perjanjian pembiayaan yang dilakukan oleh pihak Bank Syariah MandiriCabang Nangka dapat dikatakan bahwa perjanjian tersebut menyerupai bentuk perjanjian hutang piutang yang dilakukan oleh orang-orang jahiliyah. Apabila orang yang berutang tidak mampu membayar hutangnya, maka barang pindah kepemilikannya dan menjadi hak milik orang yang memberi hutang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:31
Last Modified: 18 Feb 2021 05:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42538

Actions (login required)

View Item View Item