Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasisi Nilai Kearifan Lokal Di Desa Mekar Sari Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir (Study Pemanfaatan Pohon Nipah)

GUSTINA, GUSTINA (2021) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasisi Nilai Kearifan Lokal Di Desa Mekar Sari Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir (Study Pemanfaatan Pohon Nipah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL BAB I-IV &VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Gustina Nim : 11641202847 Judul : Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasisi Nilai Kearifan Lokal Di Desa Mekar Sari Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir (Study Pemanfaatan Pohon Nipah) Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Pemanfaatan Pohon Nipah di Desa Mekar Sari dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam disekitar dan dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat Desa Mekar Sari, dengan pemanfaatan pohon nipah ini mampu membantu perekonomian para pemilik usaha sehingga mampu mensejahterakan masyarakat lain. Teori tentang kearifan lokal diambil dari Jurnal Rinitami Njatrijani. Informan penelitan berjumlah 11 orang, dengan teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif. Setelah data terkumpul dilakukan pembahasan, berdasarkan penelitian ini maka, hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasisi Nilai Kearifan Lokal Di Desa Mekar Sari Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilisr, mampu mendapatkan manfaat dan konstribusi terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat, pemanfaatan pohon nipah ini dapat menyediakan lapangan kerja dan membantu perekonomian masyarakat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti tercapainya pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan, yaitu kebutuhan sehari-hari, terpenuhinya kebutuhan untuk sekolah, membuka usaha baru dan memberikan lapangan kerja kepada masyarakat juga memberikan penghasilan tambahan bagi masyrakat diluar pekerja tetap. Kata Kunci: Pemberdayaan Ekonomi, Kearifan Lokal, Pemanfaatan Pohon Nipah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:14
Last Modified: 18 Feb 2021 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42537

Actions (login required)

View Item View Item