Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Noprima Yulika, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOPRIMA YULIKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Noprima Yulika, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Literasi sains merupakan kapasitas untuk menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta, bukti dan data yang ada agar dapat memahami dan membantu peneliti untuk membuat keputusan tentang dunia alam dan interaksi manusia dengan alamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan Literasi Sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 2 Tambang. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiements, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Data diperoleh melalui tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2- tailed) yang didapat sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), dan thitung lebih besar dari pada ttabel (11,564> 1,667) maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 2 Tambang, dengan koofisien pengaruh (Kp) sebesar 18,2%. Literasi fungsional mendapatkan presentasi sebesar 69,33% untuk kelas kontrol dan 84,33 untuk kelas eksperimen. Sedangkan literasi konseptual mendapatkan presentasi sebesar 66,5% dikelas kontrol dan 82% dikelas eksperimen. Kata Kunci: Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM), Literasi Sains, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:04
Last Modified: 18 Feb 2021 05:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42536

Actions (login required)

View Item View Item