PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Raisah Al Atiyah, (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran siklus terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP N 1 Kampar dengan menguji ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan Pembelajaran Siklus dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Latar belakang penelitan ini adalah rendahnya kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan Pembelajaran Siklus dan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Kampar tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 919 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII D dan VIII E, di mana kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Pembelajaran Siklus dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh pembelajaran siklus terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil perhitungan test t diperoleh thitung = 2,11 dengan α = 0,05 dan dk = 58 dari daftar distribusi t diperoleh t tabel = 2,00. Hal ini diperkuat dengan adanya perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 74,26 yang lebih tinggi dari ratarata kelas control yaitu 68,73 sehingga ada pengaruh penggunaan model pembelajran siklus terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP N 1 Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 18:15
Last Modified: 03 May 2016 18:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4253

Actions (login required)

View Item View Item