Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBENTUKAN DAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DESA NOMOR 4 TAHUN 2015 PADA BUMDES MULIA DI DESA PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPA

AZMI ALFA ROZI, - (2021) PEMBENTUKAN DAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DESA NOMOR 4 TAHUN 2015 PADA BUMDES MULIA DI DESA PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG UPLOD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pembentukan Dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015 Pada Bumdes Mulia Di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa. Salah satu strategi pemerintah untuk memudahkan desa dalam mengelola potensi yang ada yaitu dengan dikeluarkan Undang- Undang Nomor 6 Tahun 2014 yang menyebutkan pemerintah desa dianjurkan untuk memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang kemudian diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Desa Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan, dan pembubaran Badan Usaha Milik Desa. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni Pembentukan Dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015 Pada Bumdes Mulia Di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Kemudian dalam populasi dan sempel secara keseluruhan adalah sumber data yang dikumpulkan untuk bahan penelitian. Melalui wawancara dan observasi dilapangan penulis memperoleh hasil setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka penulis meninjau dengan pandangan Hukum Tata Negara dengan kaitannya pada Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015 untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembentukan Dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 4 Tahun 2015 Pada Bumdes Mulia Di Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, maka penulis memperoleh jawaban bahwasanya terkait pembentukan dan pengelolaan masih mengalami hambatan. Dan hambata ini adalah kendala internal yang berupa keterbatasan tenaga kerja, terbatasnya modal usaha dan faktor eksternalnya berupa kurangnya kesadaran masyarakat akan peran dari BUMDes tersebut dan kurangnya kerjasama antar pihak desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:47
Last Modified: 15 Feb 2021 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42525

Actions (login required)

View Item View Item