Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pendistribusian Dana Zakat Melalui Program Pendidikan Oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Karyawan Muslim Chevron Indonesia di Kecamatan Rumbai

Ulfa Marifa, Ulfa (2021) Pendistribusian Dana Zakat Melalui Program Pendidikan Oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Karyawan Muslim Chevron Indonesia di Kecamatan Rumbai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya generasi muda yang tidak merasakan bangku pendidikan maupun putus sekolah karena berbagai faktor, khususnya faktor keuangan. Padahal pendidikan merupakan investasi pengetahuan untuk masa depan. Salah satu hal yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki tingkat pendidikan serta mengentaskan kemiskinan adalah pemanfaatan dana zakat. Dalam hal ini, salah satu upaya yang dilakukan oleh LAZNas Chevron Rumbai untuk menuntaskan permasalahan tersebut ialah dengan adanya pendistribusian dana zakat dan peningkatan pendidikan melalui program pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendistribusian dana zakat dalam meningkatkan program pendidikan di LAZNas Chevron Rumbai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan berjumlah sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAZNas Chevron Rumbai dalam mendistribusikan Program Pendidikan melalui empat bentuk yaitu: Pertama, Beasiswa Rumbai Cerdas dengan melakukan kerjasama, survey dan memberikan secara langsung dana bantuan. Kedua, Program Guru Berdaya dengan cara memberi bantuan biaya operasional dan pelatihan untuk guru-guru di sekolah mitra dan sekolah binaan. Ketiga, Program Sekolah Berdaya dengan memberi dan melengkapi segala kebutuhan guru dan siswa di sekolah. Keempat, Program Beasiswa Duafa dengan memberikan bantuan biaya untuk kepentingan pendidikannya yang mana sebelum dilakukan pendistribusian dilakukan survey terhadap siswa/ duafa serta melengkapi persyaratan yang telah disiapkan oleh LAZNas Chevron Rumbai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Program Pendidikan, LAZNas Chevron Rumbai
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:45
Last Modified: 15 Feb 2021 06:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42494

Actions (login required)

View Item View Item