PENGARUH KOMPETISI DALAM KEGIATAN BELAJAR EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KUNDUR KABUPATEN KARIMUN

Asih Kurniati, (2014) PENGARUH KOMPETISI DALAM KEGIATAN BELAJAR EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 KUNDUR KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kompetisi dalam kegiatan belajar ekonomi (variabel bebas/Independen atau variable X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetisi dalam kegiatan belajar ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA negeri 2 Kundur kabupaten karimun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA egeri 2 Kundur Kabupaten Karimun, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetisi dalam kegiatan belajar ekonomi terhadap motivasi belajar siswa. sampel yang diambil dari penelitian ini adalah berjumlah 84 orang dar jumlah populasi 106 orang, pengumpulan data diambil dari angket dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat software komputer SPSS (Statistika Produck and servise Solution) versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetisis dalam kegiatan belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Kundur Kabupaten Karimun. Nilai kontribusi pengaruhnya menunjukkan angka sebesar 34,6% (0,519 X 100% = 34,6%) dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (observasi) = 0,589, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% = 0,217 dan taraf saignifikan 1% = 0,283, hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sidnifikan antara kompetisi dalam kegiatan belajar ekonomi terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 18:00
Last Modified: 03 May 2016 18:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4248

Actions (login required)

View Item View Item