MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN HADIS SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Rina Hayani, (2014) MINAT MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN HADIS SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat Menghafal Al-Qur’an dan Hadits Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menghafal Al-Qur’an dan Hadits. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang yang berjumlah 120 orang siswa dengan ini diambil sebagai sampel berjumlah 30 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data minat siswa menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Data dianalisis dengan menggunakan rumus: P = x 100% Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat menghafal al-Qur’an dan Hadits siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang dikategorikan “Tinggi” dengan persentase 66,28% sedangkan faktorfaktor yang mempengaruhi Minat Menghafal Al-Qur’an dan Hadits Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Hikmah Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar adalah: Motivasi guru, metode pembelajaran aktif, alat elektonik yang berhubungan dengan kegiatan hafalan, waktu menghafal, lingkungan, pemberian hadiah untuk yang berprestasi, pemberian hukuman untuk yang gagal menghafal, menjelaskan pentingnya menghafal Al-Qur’an, kesulitan dalam mengajar Qur’an Hadits, usaha yang digunakan untuk memotivasi siswa dalam menghafal AlQur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 17:55
Last Modified: 03 May 2016 17:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item