PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU

Afdhal Ilahi, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan model pembelajaran siswa aktif, kooperatif, partisipatorik di dalam suatu proses pembelajaran dengan tujuan agar siswa bisa membentuk dan membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah tiga orang , yaitu guru Fiqih, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru maka penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan selama dua bulan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi Dari penelitian yang dilakukan diperoleh gambaran bahwa penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Hasanah masih tergolong kurang optimal. Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Hasanah adalah sebagai berikut: 1. Kurangnya kualitas pendidikan seorang guru dalam mengajar karena masih ada sebagian guru menggunakan teknik belajar yang sudah lama 2. Kurangnya pengalaman dan minat guru dalam mengembangkan dan menerapakan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kerna banyak guru honorer yang belum kaya akan pengalaman mengajar di bidangnya dan kurang memahami bagaimana penerapan model pemelajaran ini 3. Kurangnya alokasi waktu untuk menerapakan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Hasanah 4. Kurangnya fasilitas dan dana dalam menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Hasanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 17:45
Last Modified: 03 May 2016 17:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4241

Actions (login required)

View Item View Item