PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CO-OP CO-OP DENGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 23 PEKANBARU

Gustia Suprika, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CO-OP CO-OP DENGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Co-op Co-op dengan strategi belajar aktif Index Card Match (ICM) dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMPN 23 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Co-op Co-op dengan strategi belajar aktif Index Card Match (ICM) dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMPN 23 Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 1001 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif Co-op Co-op dengan strategi belajar aktif Index Card Match (ICM) dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pretest, lima kali pertemuan menerapkan model pembelajaran kooperatif Co-op Co-op dengan strategi belajar aktif Index Card Match (ICM) dan satu kali mengadakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dilakukan uji t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Co-op Co-op dengan strategi belajar aktif Index Card Match (ICM) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan tersebut dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 80,325 yang lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 70,250 dan nilai thitung sebesar lebih tinggi dibandingkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,99, dengan demikian H0 ditolak menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Co-op Co-op dengan strategi belajar aktif Index Card Match (ICM) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 17:16
Last Modified: 03 May 2016 17:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4230

Actions (login required)

View Item View Item