MOTIVASI SISWA DALAM MEMANFAATKAN FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 PEKANBARU

Sutriani, (2011) MOTIVASI SISWA DALAM MEMANFAATKAN FUNGSI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201117-.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Layanan bimbingan konseling memiliki fungsi-fungsi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan klien. Meskipun demikian, untuk memanfaatkan fungsi-fungsi teresbut, diperlukan motivasi yang kuat dari klien. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui apa motivasi siswa dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 17 Pekanbaru (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 17 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Pekanbaru dan objeknya adalah Motivasi siswa dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 17 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru yang berjumlah 278 orang. Sampel penelitian 55 orang yaitu 20 % dari populasi. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisa secara deskriuptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling secara keseluruhan adalah “cukup baik” dengan persentase 72,58% berada pada rentang 61 sampai 80%. Aspek-aspek motivasi siswa dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling yang menjawab “Ya” dapat dianalisis sebagai berikut : (a) untuk memecahkan masalah (b) untuk konsultasi (c) untuk memperoleh informasi (d) untuk memperoleh kesempatan mendapat pengalaman pengalaman. Sedangkan aspek yang menjawab “Tidak” adalah : (a) bukan hanya sekedar ingin jumpa dengan guru BK (b) bukan karena menghindari jam pelajaran tertentu. Faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam memanfaatkan fungsi bimbingan dan konseling yang mengungkapkan bahwa (a) minat siswa yang cukup tinggi, (b) pengetahuan siswa tentang fungsi layanan BK cukup baik, (c) kebutuhan siswa terhadap layanan BK, (d) keadaan sekolah yang mendukung, (e) kepribadian guru pembimbing yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:54
Last Modified: 06 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item