Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SANTRI KELAS X MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU

Mutiara Cahya Noviani, - (2021) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SANTRI KELAS X MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

Mutiara Cahya Noviani (2021): PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SANTRI KELAS X MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHAN PESANTREN TEKNOLOGI RIAU Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena permasalahan penyesuaian sosial pada santri baru. Kondisi yang jauh dari rumah, orangtua, dan temannya, serta padatnya jadwal yang diterima santri dengan berbagai kegiatan, yang menyebabkan santri selalu mengeluh kepada orang tua mengenai tidak betahnya di pesantren. Fenomena ini disebabkan oleh kurangnya keinginan santri untuk membuka diri dengan lingkungan pesantren. Sehingga santri mendapat tekanan, yang menyebabkan stress sehingga ia sulit untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan dan konseling islam terhadap kemampuan penyesuaian sosial pada santri kelas x madrasah aliyah ummatan wasathan pesantren teknologi riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah santri kelas x. Sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu sebanyak 30 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistik 20 dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh bimbingan dan konseling islam terhadap kemampuan penyesuaian sosial pada santri. Dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,513 bernilai positif terhadap penyesuaian sosial pada santri. Pada uji hipotesis diperoleh nilai t hitung ≥ t tabel yaitu 5,433 ≥ 2,048 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh bimbingan dan konseling islam terhadap kemampuan penyesuaian sosial pada santri kelas x madrasah aliyah ummatan wasathan pesantren teknologi riau. Kata kunci: Bimbingan dan Konseling Islam, Kemampuan Penyesuaian Sosial, Santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:54
Last Modified: 01 Feb 2023 14:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42232

Actions (login required)

View Item View Item