Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMANKONSEPMATEMATISSISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG

Munawir Alhamidi, - (2021) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMANKONSEPMATEMATISSISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUNAWIR ALHAMIDI.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Munawir Alhamidi, (2021): Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tapung tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua arah (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran lansung. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai Fhitung = dan Ftabel = Pada taraf signifikan 5%, maka nilai Fhitung Ftabel,; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki disposisi siswa dengan interpretasi tinggi, sedang dan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung = dan Ftabel = 3,18. Pada taraf signifikan 5%, maka Fhitung Ftabel; (3) Tidak adanya interaksi yang diberikan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terlihat dari Fhitung Ftabel yang mana nilai Fhitung = dan Ftabel = 3,18. Dengan demikian secara umum pendekatan konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 10 Tapung yang ditinjau berdasarkan disposisi matematis siswa. Kata kunci : Konstruktivisme, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Feb 2021 13:44
Last Modified: 16 Feb 2021 13:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42223

Actions (login required)

View Item View Item