PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM TATANAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIKA SISWASMP NEGERI 2KECAMATAN UJUNGBATUKABUPATEN ROKAN HULU

Okta Putriana Thasia, (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM TATANAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIKA SISWASMP NEGERI 2KECAMATAN UJUNGBATUKABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu?”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 196 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu pertemuan dilaksanakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 3,78 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 16:54
Last Modified: 03 May 2016 16:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item View Item