Okta Putriana Thasia (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM TATANAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPMATEMATIKA SISWASMP NEGERI 2KECAMATAN UJUNGBATUKABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu?”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 196 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu pertemuan dilaksanakan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontekstual dalam tatanan kooperatif tipe STAD dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu, hal ini terlihat dari uji tes-t di dapat sebesar 3,78 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,00.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 May 2016 16:54 |
Last Modified: | 03 May 2016 16:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4221 |
Actions (login required)
View Item |