Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Dwi Septi Maharani Fadrus, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Septi Maharani Fadrus, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar dalam penerapan model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa dimana dari 15 orang siswa hanya 10 (50%) yangmemperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan, yaitu 68, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III tahun pelajaran 2019-2020 dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terbagi atas 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran examples non examples untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar, khususnya pada kelas III semester genap. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Mei hingga Oktober 2019. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan seperti disampaikan pada bab IV dapat dijelaskan bahwa sebelum tindakan diperoleh persentase sebesar 43,9% kemudian pada siklus I mendapatkan persentase 67,2% dengan kategori cukup dan pada siklus II mendapatkan persentase ketuntasan 86,7% dengan ketegori baik sekali atau telah tuntas siswa sebanyak 15 orang siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 012 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata kunci: Model Examples Non Examples, Pemahaman Konsep, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Feb 2021 05:36
Last Modified: 17 Feb 2021 05:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42202

Actions (login required)

View Item View Item