PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TUALANG

Dwi Septina Sari, (2014) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TUALANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematika kelas yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan RME dengan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan kelas yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara kelas yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan RME dan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan kelas yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tualang semester genap tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 135 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan VIII3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Tualang sebagai variabel terikat dan Penerapan pendekatan RME dengan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, dan lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan yang terdiri atas tiga kali pertemuan menggunakan pendekatan RME dengan strategi aktif tipe The Power of Two dan satu kali pertemuan untuk mengadakan posttest. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri 1 Tualang antara kelas yang menggunakan pendekatan RME dengan strategi pembelajaran aktif tipe The Power of Two dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil test-t yang didapat sebesar 2,715 yang lebih besar dari ttable yaitu 2,01 dan 2,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 May 2016 16:48
Last Modified: 03 May 2016 16:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4219

Actions (login required)

View Item View Item