Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGELOLAAN PROGRAM DAKWAH KOMUNITAS INDONESIA TANPA PACARAN PEKANBARU MELALUI INSTAGRAM

Nurul Aida Indriani, - (2021) PENGELOLAAN PROGRAM DAKWAH KOMUNITAS INDONESIA TANPA PACARAN PEKANBARU MELALUI INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB I,II,III,IV DAN VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dakwah dan kemajuan teknologi yang sudah semakin berkembang luas dan banyaknya problematika dakwah yang dihadapkan kepada para da’i, sehingga da’i harus pandai memilih metode apa yang sesuai untuk diterapkan pada kondisi zaman saat ini. Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Pekanbaru merupakan salah satu dari sekian banyaknya komunitas islam yang kian melebarkan sayapnya beberapa tahun terakhir ini. Komunitas ITP Pekanbaru memilih untuk semakin menyebarkan program dakwah melalui salah satu hasil dari kian berkembangnya teknologi, yakni melalui sosial media instagram. Melalui instagram, program-program dakwah akan dibagikan melalui berbagai fitur yang sudah disediakan pada aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan program dakwah yang dilakukan oleh Komunitas ITP Pekanbaru melalui instagram. Jenis penelitian ini penelitian deksptif dengan metode pendekatan kualitatif. Informan berjumlah sebanyak 5 orang. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program dakwah yang dilakukan oleh Komunitas ITP Pekanbaru tidak lepas dari empat fungsi manajemen atau lebih dikenal dengan POAC, di mana dalam pengelolaannya akan melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengelolaan yang berfokus pada enam program atau kegiatan yang dilakukan di instagram. Enam kegiatan atau program tersebut adalah membuat akun instagram @pekanbaru_tanpa_pacaran, memposting foto dan video dakwah maupun motivasi, melakukan live streaming setiap ada kegiatan, membuat instastory, merespon setiap followers yang bertanya terkait kegiatan dakwah ITP, serta meletakkan link pendaftaran pada bio instagram untuk memudahkan followers ikut bergabung serta mengetahui seberapa banyak yang tertarik dengan kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran Pekanbaru. Kata Kunci : Dakwah, Instagram, Indonesia Tanpa Pacaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:07
Last Modified: 18 Feb 2021 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42182

Actions (login required)

View Item View Item