Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI DOKTER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PASIEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 1992 TENTANG KESEHATAN BERDASARKAN KODE ETIK PROFESI DOKTER PASAL 1 BAGIAN 7 DI RUMAH SAKIT NUSA LIMA PTPN V KOTA PEKANBARU

SITI SA’BANIATI, - (2021) PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI DOKTER DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA PASIEN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 1992 TENTANG KESEHATAN BERDASARKAN KODE ETIK PROFESI DOKTER PASAL 1 BAGIAN 7 DI RUMAH SAKIT NUSA LIMA PTPN V KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI SA'BANIATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SITI SA’BANIATI ( 2021 ) Pelaksanaan Kode Etik Profesi Dokter Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Pasien menurut undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan Berdasarkan Kode Etik Profesi Dokter Pasal 1 Bagian 7 di Rumah Sakit Nusa Lima PTPN V Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang berjalannya pelaksanaan kode etik profesi dokter dalam meemberikan pelayanan kepada pasien berdasarkan kode etik profesi dokter pasal 1 bagan 7 di rumah sakit Nusa Lima PTPN V kota Pekanbaru. Sebagaimana yang telah tercantum dalam kode etik profesi dokter bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah diciptakan serta terdapat dalam Undang- Undang Nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kode etik profesi dokter terhadap pelayanan kepada pasien berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan menurut kode etik profesi dokter pasal 1 bagian 7 di rumah sakit Nusa Lima kota Pekanbaru, dan hambatan pelaksanaan pemberian pelayanan kepada pasien berdasarkan kode etik profesi dokter pasal 1 bagian 7 di rumah sakit Nusa Lima kota Pekanbaru dan apa upaya yang dilakukan apabila ditemukan pelanggaran kode etik profesi dokter dalam memberikan pelayanan menurut Undang-Undang Nomor 23 tahun 1992 berdasarkan kode etik profesi dokter pasal 1 bagian 7 di rumah sakit Nusa Lima kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Nusa Lima PTPN V Kota Pekanbaru, metode dalam penelitian ini adalah hukum sosiologis dan sifat dalam penelitian ini adalah secara deskriptif dengan metode penelitian random sampling sumber datanya berasal dari data primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan kode etik profesi dokter terhadap pelayanan kepada pasien berdasarkan kode etik profesi dokter pasal 1 bagian 7 yang belum berjalan dengan baik disebabkan oleh kurang pedulinya dokter terhadap keadaan dan kondisi pasien,yang mana dokter tidak selalu memberikan pelayanan dikarenakan oleh urusan pribadi dan lain-lain. Kemudian terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan kode etik profesi dokter dalam memberikan pelayanan kepada pasien berdasarkan pasal 1 ayat 7 adalah dokter yang memiliki jam kerja yang berbeda-beda ( sift ) ,kurang paham nya pasien mengenai penyampaian dokter yang tidak dapat dipahami oleh pasien, dan keterbatasan jumlah dokter. Namun telah dilakukan upaya-upaya seperti memberikan sanksi kepada dokter-dokter yang melakukan kelalain saat bertugas, serta pemberian pengumuman jadwal dokter secara terbuka agar kedepanya pelaksanaan kode etik profesi dokter dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:24
Last Modified: 15 Feb 2021 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42160

Actions (login required)

View Item View Item