Hafsah (2014) PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode collaborative learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 001 Pulau tahun 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 17 0rang, laki-laki berjumlah 7 orang dan perempuan berjumlah 10 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode collaborative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah persentase untuk mengolah data yang terkumpul melalui observasi. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil ulangan pada setiap siklus pelaksanaan tindakan dengan menggunakan rumus hasil belajar individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II, sebelum dilakukan tindakan hanya 8 orang siswa (47,06%) yang nilainya mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, untuk rata-rata mencapai 59,41 dengan karegori “rendah”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 meningkat hingga 11 orang siswa atau (64,70%), untuk nilai rata-rata kelas mencapai 66,18 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat hingga mencapai 14 orang atau (82,35%) siswa yang memperoleh nilai ≥ 65, untuk nilai rata-rata kelas mencapai 81,18 dengan kategori “tinggi”. Keadaan ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan Metode Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 May 2016 16:42 |
Last Modified: | 03 May 2016 16:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4216 |
Actions (login required)
View Item |