Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

COMPANY PERFORMANCE MEASUREMENT BY USING THE PERFORMANCE PRISM AND ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) AT CV. BERKAH ANDALAS

M. Ridho Eranda, - (2021) COMPANY PERFORMANCE MEASUREMENT BY USING THE PERFORMANCE PRISM AND ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) AT CV. BERKAH ANDALAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Gabungan (Kecuali Bab IV dan Bab V).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Hasil Penelitian (Bab IV dan Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

M. Ridho Eranda (2021): PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA CV. BERKAH ANDALAS. CV Berkah Andalas merupakan perusahaan yang bergerak khusus di bidang percetakan. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan diantaranya mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan permintaan pelanggan dan terbatasnya kapasitas mesin produksi menyebabkan perusahaan mengalami kewalahan dalam menyelesaikan permintaan pelanggan. Selain itu, kurangnya tingkat SDM dari karyawan sehingga karyawan masih bekerja dengan kurang efektif dan masih melakukan kesalahan dalam bekerja. Selama ini perusahaan belum pernah melakukan pengukuran kinerja secara terintegrasi. Penelitian ini mencoba melakukan penilaian kinerja berdasarkan stakeholder yang terlibat pada perusahaan. Metode yang digunakan yaitu performance prism untuk mengidentifikasi keseluruhan stakeholder yang terlibat pada perusahaan berdasarkan lima sisi performance prism yaitu kepuasan, kontribusi, strategi, proses dan kapabilitas. Metode performance prism juga didukung dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian yaitu terdapat 25 KPI yang menggambarkan kondisi kinerja perusahaan, dimana masing-masing stakeholder perusahaan memiliki indikator KPI dengan nilai bobot tertinggi dari setiap stakeholder. KPI tersebut yaitu, KPI P3 (Meningkatkan SDM) dengan nilai 0,092, KPI K3 (Kenyamanan dalam bekerja) dengan nilai 0,08, KPI S2 (Pengiriman tepat waktu) dengan nilai 0,039, KPI C1 (Penyelesaian produk tepat waktu) dengan nilai 0,086 dan KPI M3 (Kemudahan dalam kerja sama dengan masyarakat) dengan nilai 0,023. KPI dengan bobot tertinggi dari setiap stakeholder akan diberikan usulan perbaikan. Dengan usulan perbaikan diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam meningkatkan kinerja perusahaan kedepannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:47
Last Modified: 15 Feb 2021 07:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42107

Actions (login required)

View Item View Item