IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 BANGKINANG KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Nurmiatun, (2011) IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 BANGKINANG KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201108-.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi supervisi Kepala sekolah dalam bidang pengajaran serta mengetahui fakror pendukung dan penghambat implementasi supervisi Kepala sekolah dalam bidang pengajaran di SMPN 3 Bangkinang, adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah di SMPN 3 Bangkinang untuk meningkatkan pelaksanaan tugasnya, serta menambah wawasan penulis dalam membuat karya ilmiah, dan melengkapi persyaratan dalam menyelesaikan statra satu S1 di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Selanjutnya teknik yang digunakan untuk pengumpulan datanya adalah: wawancara, dan angket. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa implementasi supervisi kepala sekolah di SMPN 3 Bangkinang adalah dikategorikan cukup maksimal. Secara kuantitatif persentase, implementasi supervisi kepala sekolah diperoleh persentase 63,7% dimana hasilnya berada antara 50%-75% yang dinyatakan kurang maksimal. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi supervisi kepala sekolah dalam bidang pengajaran diSMPN 3 Bangkinang dan faktor-faktor apa saja yang bisa mendukung dan menghambat implementasi supervisi kepala sekolah dalam bidang pelajaran di SMPN 3 Bangkinang. Adapun faktor pendukung implementasi supervisi kepala sekolah di SMPN 3 Bangkinang adalah : lingkungan masyarakat tempat sekolah itu berada, besar kecilnya sekolah yang menjadi tanggungjawab kepala sekolah, tingkatan dan jenis sekolah, keadaan guru-guru dan pegawai . Sedangkan faktor penghambatnya adalah : tidak tersusunnya program secara jelas, masih banyak guru yang tidak menyadari tugasnya masing-masing, kepala sekolah tidak menindak lanjuti kekurangan kekurangan yang terdapat pada guru-guru sampai tuntas, kepala sekolah lamban tanggap terhadap masalah-masalah yang terjadi pada guru-guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:54
Last Modified: 06 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item