Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PLANTET QUESTION KELAS IV.B SEKOLAH DASAR 020 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Sri Bidari (2010) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PLANTET QUESTION KELAS IV.B SEKOLAH DASAR 020 RANAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011147.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Reseach) dilakukan di Sekolah Dasar Negri 020 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar , penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 020 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Untuk meningkatkan Aktivitas belajar peserta didik maka pada penelitian ini digunakan Strategi Plantet Question dalam pelajaran PAI peserta didik kelas IV. B di SDN 020 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan Strategi Plantet Question dapat meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik kelas IV.B SDN 020 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan balk tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa keaktifan belajar peserta didik sebelum tindakan hanya mencapai persentase 37,9% dengan kategori “tidak baik” karena berada pada rentang 40% ke bawah. Pada siklus I meningkat dengan persentase 59,6% dengan kategori “cukup baik” karena berada pada rentang 56 % - 75%. Sedangkan pada Siklus II kemampuan peserta didik dalam mengenal Sifat Jaiz bagi Allah SWT meningkat dengan cukup memuaskan dengan persentase 77,5 % dengan kategori “baik” karena berada pada rentang 76 % - 100 %. Dengan demikian penerapan Strategi Plantet Question dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IVB SDN 020 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:48
Last Modified: 21 Dec 2015 05:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item