Dewi Mustikasari, - (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Storytelling untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa pada Tema Menyayangi Hewan dan Tumbuhan di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi Mustikasari, (2021): Penerapan Metode Pembelajaran Storytelling untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa pada Tema Menyayangi Hewan dan Tumbuhan di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan linguistik siswa pada tema menyayangi hewan dan tumbuhan kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khairu Ummah Pekanbaru melalui penerapan metode pembelajaran storytelling. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan linguistik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khairu Ummah Pekanbaru yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa metode pembelajaran storytelling dapat meningkatkan kecerdasan linguistik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khairu Ummah. Hasil ini terbukti mulai dari sebelum tindakan yang hanya mencapai 52,73%, lalu pada siklus I meningkat menjadi 67,19% dan pada siklus II kecerdasan linguistik siswa semakin meningkat dengan persentase mencapai 84,77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran storytelling dapat meningkatkan kecerdasan linguistik siswa pada tema menyayangi hewan dan tumbuhan di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Khairu Ummah Pekanbaru. Kata kunci: Metode Pembelajaran Storytelling, Kecerdasan Linguistik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 14:32 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 14:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41997 |
Actions (login required)
View Item |