Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN PERANGKAT PROTOTYPE DENGAN SISTEM HYBRID MENGGUNAKAN THERMOLECTRIC GENERATOR DAN PANEL SURYA MINI SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK

IMAM KUSRONI, - (2020) RANCANG BANGUN PERANGKAT PROTOTYPE DENGAN SISTEM HYBRID MENGGUNAKAN THERMOLECTRIC GENERATOR DAN PANEL SURYA MINI SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RANCANG BANGUN PERANGKAT PROTOTYPE SISTEM HYBRID MENGGUNAKAN THERMOLECTRIC GENERATOR DAN PANEL SURYA MINI SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK IMAM KUSRONI NIM: 1155102522 Tanggal Sidang: 23 Juli 2020 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas, Km 15 No. 155 Panam, Pekanbaru ABSTRAK Aktifitas pendakian gunung semakin digemari, sementara masalah yang sering dialami oleh para pendaki adalah minimnya sumber energi listrik yang tersedia ketika mendaki. Oleh karena itu dibutuhkan sumber energi alternatif. Kebutuhan energi listrik bagi pendaki gunung sebesar 48 Wh. Teknologi PV dirasa cocok sebagai sumber energi listrik alternatif, namun PV masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan beban energi listrik pendaki gunung disebabkan berbagai faktor. Penelitian ini mencoba mengusulkan penambahan sistem hybrid pada daya penyimpanan PV, dengan menggunakan thermoelectric generator yang memanfaatkan limbah panas dari kompor. Sistem hybrid ini terdiri dari monocrystalline pet solar panel, TEG1-12611-6.0, kompor gas potabel, baterai Li-ion, DC-DC step up converter, dan kipas DC. Dari hasil percobaan implementasi, di dapatkan Sebesar 85 % kontribusi dari PV dalam memenuhi kebutuhan beban dengan energi total rata-rata 41 wh, sementara kontribusi TEG untuk menambah kekurangan PV dalam memenuhi kebutuhan beban sebesar 7 % dengan energi total rata-rata 3,8 wh. Penerapan sistem hybrid berhasil memenuhi kebutuhan beban sebesar 93% dengan energi total maksimal rata-rata yang dihasilkan sistem sebesar 44,8 Wh. hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan sistem hybrid kebutuhan energi bagi pendaki gunung dapat terpenuhi. Kata kunci: Energi Alternatif, Sistem Hybrid, Thermoelectric Generator, Panel Surya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Feb 2021 05:21
Last Modified: 17 Feb 2021 05:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41944

Actions (login required)

View Item View Item