Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Pembibitan Benih Ikan Pada Balai Benih Ikan (BBI) Bangkinang Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah

Ety Yulianti, Ety (2021) Pelaksanaan Pembibitan Benih Ikan Pada Balai Benih Ikan (BBI) Bangkinang Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana pelaksanaan pembibitan menjadi salah satu faktor yang penting bagi Balai Benih Ikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Balai Benih Ikan (BBI) melaksanakan pembibitan benih ikan, apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembibitan benih ikan, dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai pelaksanaan pembibitan benih ikan pada Balai Benih Ikan (BBI) Bangkinang. Penelitian ini dilakukan di Balai Benih Ikan (BBI) Bangkinang yang berlokasi di jalan Prof. M Yamin SH, Kel. Langgini, Kec. Bangkinang, Kab. Kampar. Objek pada penelitian ini adalah kepala BBI dan tenaga oprasional yang total jumlahnya 18 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik penulisan ini menggunakan metode kualitatif terhadap data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis tentang pelaksanaan pembibitan yang dilakukan Balai Benih Ikan (BBI) Bangkinang didasarkan atas proses produksi yang melihat seberapa produktif (induk ikan) sebagai bahan baku utama yang akan menghasilkan benih ikan. Sedangkan dalam penjualan akan disesuaikan dengan seberapa banyak benih ikan yang dihasilkan dalam proses produksi. Selain itu dalam pelaksanaan pembibitan terdapat faktor pendukung seperti bibit (induk ikan), air dan kolam, teknologi, tenaga kerja, dan produksi. Adapun faktor penghambat seperti bibit (induk ikan) yang kurang produktif, kurangnya teknologi yang memadai dalam proses produksi, dan harga pakan ikan yang mahal. Dalam Ekonomi Syariah, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembibitan pada Balai Benih Ikan sudah sesuai konsep syariah yaitu memproduksi barang halal sehingga tidak menimbulkan mudharat dan tidak meyimpang dari syariat Islam, konsep penjualan menggunakan prinsip kejujuran, tidak mengandung unsur penipuan, dan kerelaan atau suka sama suka antara kedua belah pihak sehingga tidak ada yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produksi, Penjualan
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Feb 2021 05:09
Last Modified: 17 Feb 2021 05:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41939

Actions (login required)

View Item View Item