Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN EURYCOMANON AKAR PASAK BUMI(Eurycoma apiculata A. W. Benn) PADA TIGA POPULASI DENGAN TEKNIK HPLC

ZURIATI, - (2021) KANDUNGAN EURYCOMANON AKAR PASAK BUMI(Eurycoma apiculata A. W. Benn) PADA TIGA POPULASI DENGAN TEKNIK HPLC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini penggunaan obat tradisional semakin digemari masyarakat. Salah satunya adalah akar pasak bumi yang mengandung senyawa eurycomanon. Informasi kandungan eurycomanon pada akar Eurycoma apiculata dari populasi alami di Provinsi Riau belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rendemen ekstraksi dan kadar Eurycomanon akar E. apiculata dari tiga populasi di Provinsi Riau . Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap, dimana yang terdiri dari 3 lokasi yaitu Pokomo, Rumbio dan Sentajo. Hasil studi ini menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh signifikan terhadap rendemen ektraksi dan kandungan eurycomanon dimana rendemen tertinggi terdapat pada lokasi Sentajo yaitu 3.24%, dan kandungan eurycomanon tertinggi terdapat pada populasi Rumbio yaitu 9.21 mg/g berbeda signifikan dengan dua lokasi lainnya. Berdasarkan koefisien diferensiasi fenotipe antar populasi sebesar 11% artinya perbedaan fenotip antar populasi rendah. Dendogram UPGMA menunjukkan bahwa populasi Pokomo dan Rumbio memiliki kekerabatan yang lebih dekat yaitu sebesar 0.05 %. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi berbeda memiliki konsentrasi bahan aktif yang berbeda. Kata kunci : Eurycoma apiculata, eurycomanon, HPLC, populasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 17 Feb 2021 05:29
Last Modified: 17 Feb 2021 05:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41925

Actions (login required)

View Item View Item