Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN RETRIBUSI IZIN TEMPAT PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI NOMOR 4 TAHUN 2018 DI KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

FIKRI AFRIONO, - (2021) PELAKSANAAN RETRIBUSI IZIN TEMPAT PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI NOMOR 4 TAHUN 2018 DI KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

ABSTRAK Pembiayaan Pemerintah dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan senantiasa memerlukan sumber penerimaan yang dapat diandalkan. Kebutuhan ini semakin dirasakan oleh daerah terutama sejak diberlakukannya Otonomi Daerah di Indonesia bahwa Pemerintah Daerah bisa melakukan pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah sebagai sumber pendapatan asli daerah. Pelaksanaan Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 4 Tahun 2018 tentang Perizinan Tertentu di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti belum berjalan dengan baik, bahwa banyak terdapat tempat-tempat penjualan minuman beralkohol yang tidak melaksanakan kewajibannya dalam membayar retribusi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 4 Tahun 2018 di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, serta untuk mengetahui faktor penghambat Pelaksanaan Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 4 Tahun 2018 di Kecamtan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis, yaitu penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yakni melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Pelaksanaan Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Nomor 4 Tahun 2018 di Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti tidak terlaksana bahwa banyak tempat-tempat penjualan minuman beralkohol yang tidak melaksanakan kewajibannya dalam membayar retribusi. Faktor penghambatnya adalah (i) Kurangnya Kesadaran Wajib Retribusi; (ii) Sarana dan Prasarana; (iii) Rendahnya Pengelolaan dan Pengawasan Penerimaan Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol; (iv) Regulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Feb 2021 05:13
Last Modified: 17 Feb 2021 05:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/41923

Actions (login required)

View Item View Item