Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG AKTIF MENGIKUT LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Yanti Yusnita (2011) KEPERCAYAAN DIRI SISWA YANG AKTIF MENGIKUT LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201103.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepercayaan diri siswa dan factor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa serta bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk kepercayaan diri siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Pada penelitian ini untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik angket dan wawancara. Data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif dan data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Kepercayaan diri siswa dari konsep operasional,untuk mendukung data diatas dapat di peroleh secara keseluruhan penyajian angket kepada siswa, yaitu “sering” dengan persentase 395,58% dan “kadang-kadang” dengan persentase 301,5% sedangkan “tidak pernah” dengan persentase 369,11%. Ini berarti upaya yang dilakukan tergolong “cukup baik”. Adapun mengenai factor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa ada 4 faktor yaitu factor fisik, factor ekonomi, faktor lingkungan dan faktor keluarga. Dari ke empat factor tersebut yang sangat mempengaruhi kepercayaan diri siswa adalah factor fisik dengan persentase siswa yang merasa wajahnya jelek (54,41%), siswa merasa tidak percaya pada kemampuan nya (45,58%). Adapun Pelaksanan Layanan Bimbingan Kelompok adalah Untuk Meningkaatkan Kepercayaan Diri Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru adalah sebagai berikut:(a).Guru Pembimbing menjelaskan tujuan layanan bimbingan kelompok(b).Guru pembimbing menyiapkan materi layanan bimbingan kelompok(c).Guru pembimbing menentukan metode layanan bimbingan kelompok (d)Guru pembimbing menentukan strategi sebelum melaksanakan layanan bimbingan kelimpok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:54
Last Modified: 06 Jan 2016 08:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item