ANALISIS PEMUNGUTAN RETRIBUSI PARKIR DI TEPI JALAN UMUM OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Suhartini, (2014) ANALISIS PEMUNGUTAN RETRIBUSI PARKIR DI TEPI JALAN UMUM OLEH DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Riau Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pemungutan retribusi parkir ditepi jalan umum oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kuantan Singingi, upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kuantan Singingi dalam meningkatkan penerimaan retribusi parkir di tepi jalan umum. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Data Primer diperoleh dari Pegawai Dinas Perhubungan dan Masyarakat pengguna pelayanan parkir di tepi jalan umum sebagai objek penelitian, Data Sekunder yaitu bahan hukum primer yang meliputi peraturan perundang-undangan, antara lain Undang-undang, Peraturan daerah. Bahan hukum sekunder, seperti hasil karya ilmiah para sarjana, hasil penelitian lainnya yang berkaitan dengan masalah ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik Wawancara dan Observasi. Setelah data terkumpul selanjutnya di analisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pemungutan Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kabupaten Kuantan Singingi merupakan wewenang dan tanggung jawab dinas perhubungan kabupaten kuantan singingi. Namun kenyataannya, dalam pelaksanaannya menjalin kerja sama dengan pihak ke III (Tiga). Ruas jalan yang ditetapkan sebagai tempat parkir di tepi jalan umum di Kabupaten Kuantan Singingi khususnya Kecamatan Kuantan Tengah adalah berjumlah tujuh ruas jalan, Sarana dan prasarana yang ada belum memadai, Besarnya tarif yang di pungut sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Nomor 6 Tahun 2012, Target realisasi penerimaan Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum dari tahun 2009 sampai dengan 2012 tidak pernah tercapai. Salah satu penyebabnya adalah sistem manajemen pengelolaan yang kurang baik. Sistem pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi belum maksimal. Hambatan dalam pemungutan Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum antara lain, wajib retribusi yang tidak membayar retribusi setelah menggunakan pelayan parkir di tepi jalan umum, tempat parkir yang tidak memiliki rambu rambu lalu lintas, juru parkir yang tidak menggunakan karcis dalam memungut retribusi, serta kurangnya integritas dan kinerja. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan penerimaan Retribusi Parkir Di Tepi Jalan Umum yaitu, memberdayakan masyarakat untuk senantiasa mentaati rambu rambu lalu lintas, memperbaiki pelayanan, meningkatkan cara kerja juru parkir, penetaan kembali sistem manajemen pengelolaan. Kata Kunci : Pemungutan, Retribusi, Parkir Di Tepi Jalan Umum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 03 May 2016 11:11
Last Modified: 03 May 2016 11:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item